Berwisata Religi Ke Watu Kursi
Kamis 18 Mei 2017

Wates - Wisata desa Wates yang satu ini juga menarik untuk dikunjungi. Desa Wates layak disebut sebagai pusat situs sejarah. Di Desa Wates  terdapat sebuah batu yang terletak di Dukuh Sendang Mulya RT 10 RW 02 memiliki cerita unik tersendiri. Batu tersebut dinamakan Watu Kursi.

Watu Kursi yang merupakan situs  tapak tilas dari kerajaan Mataram ini berbentuk gundukan batu besar yang dililit dengan kain putih polos dan dua batu lainnya berada di bawah area persawahan yang juga ditutup dengan kain putih. Setiap batu dikurung bangunan dari bambu. Sayangnya sejarah detail mengenai situs ini belum diketahui secara pasti kecuali menghubungi juru kunci makam ini.

Untuk mengetahui sejarah Watu Kursi secara pasti Anda dapat menghubungi salah satu juru kunci setempat sebelum datang ke wisata religi ini. Tidak ada tarif yang diberlakukan untuk berziarah ke Watu Kursi. Anda hanya perlu memasukan uang seikhlasnya kedalam kotak berbahan kayu yang disenderkan ditiang bangunan. Dalam mengunjungi situs sejarah ini terdapat syarat tertentu yang wajib ditaati saat berkunjung ke Watu Kursi seperti membawa Bunga Selaman, Kelapa Muda Hijau, Telur Ayam Kampung, Rokok Sigaritos dan Gudang Garam Merah yang terakhir jangan lupa membawa Dupa atau Kemenyan.

Pemerintah desa menjadikan watu kursi untuk kedepan sebagai wisata religi yang harus diunggulkan dengan rencana memberikan fasilitas mulai dari pembangunan akses jalan bisa menjadikan daya tarik bagi wisatawan lokal maupun interlokal. Jika anda ingin merasakan kesejukan Sendang Kamulyan atau menilik sejarah Watu Kursi bisa berkunjung ke desa Wates, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali.

Berita Terkini